Galau itu bebas!! Begitu kata teman-teman saya kalau melihat ada orang yang sedang galau, bebas mau ngapain aja yang selama galau. Masih ingat saat masa kuliah, kalau mas apip ngajakin ngopi ke kafe manut nite terus dia pesan kopi susu panas dan siap untuk merokok jisamsu, itu jelas sekali dia sedang galau. Memang kalau sedang galau macam-macam kelakuan teman kita.

Setiap orang pasti punya definisi masing-masing tentang galau, ada yang bilang galau itu bingung, sedih, gelisah atau perasaan tidak nyaman. Tapi arti sebenarnya dari galau itu apa sih?

Menurut kbbi galau itu adalah :

galau/ga·lau/a,bergalau/ber·ga·lau/a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran);

kegalauan/ke·ga·lau·an/n sifat (keadaan hal) galau

Nah, bisa diliat dari kamus kalau arti galau itu lebih dekat ke “sibuk beramai-ramai” dimana galau merupakan sebuah adjektiva, artinya kata sifat yang biasanya ikut pada sebuah subjek berupa nomina. Dan pengertian yang masih berhubungan psikologis adalah “kacau tiak karuan” yang menggambarkan pada keadaan pikiran.

Jadi apa kita salah dalam mengartikan kata galau selama ini? Aneh aja ketika pas ditanyain pacar:
“Sayang, kamu lagi dimana?”
“Lagi bergalau sama temen-temen say” yang artinya lagi bareng temen-temen
“Galau kenapa? kok malah sama temen-temenmu? jadi kamu udah ngga nganggep aku? Pilih aku atau temenmu?”
besoknya matahari terbit dari barat

Apapun arti yang sebenarnya nggak terlalu penting, bahasa itu digunakan untuk komunikasi dan yang paling penting mereka mengerti pesan yang ingin disampaikan tanpa ada salah paham.

Jadi, kamu lagi galau hah? Jangan takut dan jangan malu untuk mengakuinya karena galau itu manusiawi. Nikmati saja kegalauanmu kawan, karena kalau kamu menyangkal perasaan galau itu makin betah menyelimutimu.

Murung itu sungguh indah Melambatkan butir darah
Nikmatilah saja kegundahan ini Segala denyutnya yang merobek sepi
Kelesuan ini jangan lekas pergi Aku menyelami sampai lelah hati
Efek Rumah Kaca – Melankolia

  1. Heris
    Jan 07, 2016

    Iso dadi reverensi judul skripsi 😀

    Reply