“Lucunya, banyak yang suka lagu cinta, terdengar dimana mana, menghiasi tanah air kita, tapi masih terjadi ribut disana sini, menghujat berapi-api, alasan yang tak ku mengerti, apa kabar negeri yang indah? penuh senyum yang ramah, apakah semua berubah? oh Tuhan aku dimana?”

Itulah penggalan kirik lagu milik Edane yang berjudul Tell Me Why. Siapa sih yang nggak suka lagu cinta? kebanyakan bikin galau memang, sampai ERK punya lagu yang judulnya Cinta Melulu. Ngomongin soal galau, pernah saya tulis kalau galau itu sungguh manusiawi, dan ngomongin soal lagu galau, saya lebih suka lagu galau pada jaman saya baru pertama kali ngerasain galau karena cinta,cieeeee

Alkisah, mungkin saat pertama kali jatuh cinta dulu itu waktu saya kelas 4 sd, waktu itu saya ikut pramuka, namanya siaga, kalo grup cowo namanya barung biru, cewe itu barung merah. Nah ada salah satu gadis manis dari barung merah ini yang membuat jantung saya berdebar keras, bertemu setiap sore sepulang sekolah saat latian pramuka. Namun waktu itu hanya sebatas jatuh cinta, belum ada pengorbanan dan nggak bikin galau, yang ada hanya tingkah laku saya yang selalu mencoba caper didepannya.

Yang pertama bikin galau itu pacar pertama saya, sebut saja namanya indah. Kenal dari sd sebenernya tapi beda kelas, baru tertarik saat kelas 1 SMP sekitar 14 tahun lalu, karena kita sekelas. Disitu saya mulai belajar untuk berjuang, dari tanya-tanya ke temen-temennya sampai mencoba ngajak ngobrol sepulang sekolah. Dimulailah timbul perasaan yang aneh waktu itu, perasaan yang agaknya mengacaukan pikiran, mulai menghayati alunan lagu dari putaran pita kaset. Kaset demi kaset bergantian masuk radio tape yang saya beli sendiri hasil dari uang sumbangan sewaktu saya di sunat. Lagu-lagu yang menambah kuat perasaan ini, gembira bercampur gelisah. Lagu lagu yang entah kenapa menjadi sangat indah mengiringi perasaan waktu itu. Lagu-lagu yang menjadi playlist malam ini saat saya menulis artikel ini.

Dewa – Lagu Cinta

Dewa- Roman Picisan

Element – Cinta Sejati

Element -Maaf Dari Surga

Element – Rahasia Hati

Stinky – Mungkinkah

Stinky – Jangan Tutup Dirimu

Stinky – Cinta Suci

Jikustik – Maaf

Jikustik – Setia

Dr. PM – Pernah Mencoba

Tic – Terbaik Untukmu

BIP – Seribu Puisi

Base Jam – Bukan Pujangga

Sheila on 7 – Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki

Sheila on 7 – Dan

 

Sekarang, saya hanya tersenyum mengenang masa-masa yang indah itu